Aqw Qw Wiendha Wiendha Sari Wiendha Sari

Jumat, 17 Mei 2013

Asam Pedas Ikan

Asam Pedas Baung

Asam Pedas Ikan

Asal: Riau
Sumber: Buku Kumpulan Resep Indonesia

Catatan..

Ini dia masakan khas dari propinsi Riau daratan : Asam Pedas Ikan. Ikan yang dipakai umumnya 2 macam. Dengan bahan Ikan Baung, dinamakan: Asam Pedas Baung. Memakai ikan patin, disebut Asam Pedas Patin. Sayangnya ikan Baung tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang. Kebetulan saya punya stok ikan lele yang masih kerabat ikan baung, yach terpaksa ikan ini yang saya masak. Buat anda yang punya problem serupa silahkan pakai cara di atas. Tentu saja saya tak akan menamakannya" Asam Pedas Lele". Bisa2 nanti saya diprotes sama saudara2 dari Riau ;-)

Tujuan saya hanya satu : Memperkenalkan resep ini dengan memberi akses semudah mungkin khususnya bagi yang tinggal di rantau. Rasa kuah dari masakan ini sangat lezat khususnya bagi penggemar hidangan ikan. Alangkah sayang kalau resep ini kita lewatkan begitu saja hanya karena kendala jenis ikan yang tak bisa diakses semua orang. Menurut saya dengan ikan apapun rasanya tetap Mak Nyuss. Paduan antara rasa pedassssssssss dan asam yang terasa segar di tenggorokan hmmmmm NiKmat!!. So untuk saudara2 dari tanah Riau, mohon maaf atas keterbatasan di atas. Semoga dimaklumi, namanya juga usaha ;-)

Cara Membuat:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  2. Tumis bumbu halus bersama daun kunyit, serai dan daun jeruk purut hingga matang dan berbau harum.
  3. Tambahkan 600 ml air panas, masak sampai kuah mendidih.
  4. Kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, tutup dan masak sampai ikan berubah warna dan matang.
  5. Tambahkan belimbing wuluh, masak sampai layu.
  6. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  7. Terakhir beri larutan air asam jawa. Angkat.
  8. Sajikan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar