Investor kuliner internasional mulai lirik Babel

Pangkalpinang (Antara Bengkulu) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zakaria Umarhardi mengatakan investor asing di bidang kuliner internasional sudah mulai melirik provinsi itu sebagai daerah baru penanaman modal.

"Salah satu investor yang telah menyatakan keinginan untuk berinvestasi adalah Restoran Lapage, milik orang Perancis," kata Zakaria di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, rencananya restoran tersebut akan dibangun di Belitung.

"Beberapa waktu yang lalu mereka sudah datang ke Belitung bersama beberapa tim kami untuk melakukan peninjauan," katanta.

Dipilihnya Belitung oleh investor kuliner asing, kata Zakaria, karena potensi keindahan alam dan mudahnya akses terhadap sumber daya alam laut.

"Para investor telah memiliki proyeksi jauh ke depan kalau Belitung akan menjadi obyek wisata yang menarik banyak wisatawan mancanegara," katanya.

Ke depan, Zakaria berharap dapat menarik lebih banyak investor, terutama yang bergerak di bidang kepariwisataan karena Babel memiliki potensi luar biasa untuk itu.

Berdasarkan data BPS, kunjungan wisatawan asing tiap bulannya semakin meningkat.

Selama Februari 2013, jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung ke Babel mencapai 146 orang atau naik 43,14 persen dibanding bulan sebelumnya yang hanya 102 orang.

Sementara kunjungan wisatawan Nusantara ke Babel justru mengalami penurunan 11,56 persen menjadi hanya 11.051 orang selama Februari 2013.

Total kunjungan wisatawan ke Babel selama Februari mencapai 11.197 orang atau mengalami penurunan dibandingkan kunjungan bulan sebelumnya mencapai 13.190 orang. (ANT)